Senin, 06 Juli 2015

8 Tips To Make a Productive Holidays
Long holiday is coming! Liburan panjang itu hal yang paling menyenangkan, siapa sih yang nggak pengen ngerasain liburan seru? Hang outhave fun, me time, hiking, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan saat free time. Tapi ingat, liburan nggak selalu hura-hura tapi bisa jadi tempat dimana kita lebih menghargai waktu dan menghasilkan banyak karya. Apalagi kalo workdays kita sering ngerasa terbatasi geraknya buat ngelakuin sesuatu di luar jam sekolah. Nah, sekarang nih waktunya buat ekspresiin diri. Here’s some tips for you to make a productive holidays!
 
1. Have a fine sleep
Loh, kok tidur? Iya, tidur! Pasti pernah kan ngerasa capek banget sekolah/ kuliah, les, ikutan ekskul dan lain-lainnya. Nah sekarang nih waktunya buat ngumpulin lagi tenaga baru. Biarkan tubuhmu beristirahat dengan tidur yang cukup. Kalau badan udah fit,mood kita buat berkreasi juga pasti bakal naik.

2. Do some evaluations
Mumpung lagi longgar dan santai, yuk coba evaluasi diri. Gimana kemarin sekolah, ujian dan nilai-nilainya. Instead of “harusnya aku begini dulu”, mending kita buka satu-satu masalah kemarin, trus coba dicari jalan keluarnya. Kalo kemarin nilai turun gara-gara kebanyakan ekskul, mungkin udah waktunya nih milih ekskul yang beneran passion kita.  

3. Get active
Ayo bikin acara bareng orang-orang terdekat biar liburan jadi lebih seru, misalnya ngehabisin waktu di dapur sama mama dan nyobain resep baru buat kasih surprise buat papa, beresin kamar dan hias pake diy yang baru kita bikin biar makin betah di kamarnya, atau sekedar reunian sama temen-temen sekolah lama biar nggak putus hubungan. Simpel sih, tapi bisa bikin liburan jadi nggak ngebosenin!

4. Pick a new hobby
Kalau saat kita sekolah sering disibukkan dari tugas ekstrakulikuler atau PR menumpuk yang bukan kita banget, di liburan ini, saatnya lebih mengekspresikan diri kita. Let’s do our dream hobby! Pilih yang kita banget, yang belum kesampean juga dikerjain walaupun udah kepengen dari lama. Bisa jadi ikutan sesuatu, pergi ke satu tempat, doing something adventurous, atau bikin sesuatu di rumah!

5. Be a volunteer
Banyak organisasi yang butuh tambahan pekerja. Jadilah sukarelawan di acara tertentu, di sini kita bisa belajar lebih menghargai apa yang udah kita dapat, belajar berorganisasi, berinteraksi sama orang lain dan banyak hal yang mungkin nggak pernah kita temuin sebelumnya.

6. Read more
Nggak selalu baca novel atau komik yang kadang bikin bosan, bisa juga ngebaca lingkungan sekitar, ngeliatin tetangga yang jarang kita temuin, baca billboard di sepanjang jalan yang kita lewatin, lebih ngebuka telinga buat hal-hal baru atau baca apa aja yang kita temuin. Selain bikin kita lebih kaya ilmu, jadi muncul kan rasa penasaran yang bisa bikin kita makin berkembang.

7. Take a city tour
Kota ini isinya bukan cuma sekolah, rumah sama mall kok. Mumpung lagi libur, yuk jelajahin kota sendiri biar lebih kenal. Jakarta, contohnya, punya banyak museum yang seru banget didatengin. Bisa mampir ke hutan mangrove, atau taman kota yang mungkin sering kita lewatin juga. Tapi coba naik kendaraan umu yang paling jarang kita naikin ya. Selain bisa liburan murah, nanti kalo lagi ada tamu ke kota kita, kita jadi tau deh musti bawa ke mana (selain ke mall).

8. Make Plans
Last but not least, make plans! Pas udah masuk sekolah lagi kita pasti ribet sama tugas kelompok, PR, dan ekskul. Akhirnya ngikutin arus aja tapi tujuannya kosong melompong. Pas nggak sesuai dengan pikiran kita, jadi bikin kecewa diri sendiri. Delete those things, on your mind!Jangan ragu untuk curi start buat masa depan kita dengan make plans for our best future. Sesimpel dua tahun lagi aku mau masuk SMA A, jadi nilai aku dari sekarang harus di atas 8, or karena pengen ketrima di Sastra UI, aku harus naikin nilai bahasa aku dari sekarang nih. LikeAntoine de Saint-ExupĂ©ry said “A goal without a plan is just a wish.”

http://www.cerita-kita.co.id/relations/detail/74/8-Tips-To-Make-a-Productive-Holidays

Tidak ada komentar:

Posting Komentar