Senin, 06 Juli 2015

TIPS MENGATASI BIBIR KERING SELAMA BERPUASA

Selama puasa, bibir kita jadi terasa lebih kering karena selama hampir 14 jam setiap harinya, tubuh kita kekurangan cairan dan nutrisi. Kedengerannya emang sepele sih, tapi bibir yang kering dan pecah-pecah ini ganggu banget dan bikin kita jadi nggak pede. Makanya, buat bantu mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah selama ngejalanin puasa seharian, Gogirl! punya beberapa tips yang bisa dilakuin. Let’s check them out!

1.    Jangan menjilat bibir
Menjilat bibir atau membasahi bibir dengan air liur jadi hal yang sering banget kita lakuin kalo bibir kita terasa kering. Ternyata hal ini malah bikin keadaan bibir jadi lebih parah, lho! Air liur itu mengandung enzim yang bisa bikin bibir iritasi dan ngilangin kelembaban permukaan bibir. Hasilnya bibir jadi makin kering deh!

2.    Perbanyak minum air putih
Nggak cuma di hari biasa aja kita wajib minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, kebiasaan ini juga nggak boleh ilang pas lagi puasa. Pas sahur dan berbuka puasa, usahain buat banyakin minum air putih biar kita nggak dehidrasi selama puasa seharian dan juga ngejaga kelembaban bibir alami dari dalam.

3.    Use lip balm instead of lipstick
Beberapa jenis lipstick bisa bikin bibir kering dan semakin pecah-pecah, lho! Selama puasa, coba hindarin lipstick buat sementara, dan pilih lip balm dengan kandungan alami, kayak vitamin E dan jojoba oil, serta ada label SPF (Sun Protection Factor) yang bisa ngelindungin bibir dari sinar matahari yang jadi salah satu penyebab bibir kering dan ngejaga kelembaban alami bibir kita.

4.    Bikin scrub alami untuk bibir
Nggak cuma kulit tubuh aja, bibir juga perlu di-scrub buat ngilangin sel-sel kulit mati yang masih nempel di bibir. Lakuinscrubbing ini minimal satu kali seminggu dengan make bahan-bahan yang alami. Caranya gampang banget, campur satu sendok teh gula pasir dengan satu sendok teh madu. Oles di bibir dan diamkan selama 5 menit, terus gosok pelan-pelan dengan jari sampe bibir terasa lembut.

5.    Pake madu sebagai masker untuk bibir
Sebelum tidur, coba olesin madu ke seluruh permukaan bibir untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah keesokan harinya. Madu punya manfaat buat ngelembabin kulit secara alami dan juga bantu ngobatin kalo bibir kita iritasi. Kita juga bisa campurin beberapa tetes air lemon dengan madu buat ngilangin sel-sel kulit mati di bibir. Abis makan sahur, cobain deh minum beberapa sendok madu buat nambah tenaga pas lagi puasa. Dijamin, selama puasa seharian, kita nggak akan ngerasa lemes lagi.

6.    Makan buah dan sayuran segar
Buat ngasih nutrisi alami dari dalam tubuh, wajib banget buat nambahin buah dan sayuran segar ke dalam menu sahur dan buka puasa. Kandungan vitamin, air dan mineralnya bisa bikin bibir nggak kering dan juga kulit kita bakal keliatan lebih seger.

Yulia Wahyuningsih

- See more at: http://www.gogirlmagz.com/fashion/detail/tips/tips-mengatasi-bibir-kering-selama-berpuasa.html#sthash.rUyW7VkC.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar