Kamis, 28 Mei 2015

PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM NILAI PERUSAHAAN

Nama : Hendah Lahyunita Kusiandari
Kelas : 4EB08
NPM : 23211278

Jurnal Akuntansi dan Keuangan

Volume 7, Nomor 2, September 2008, hlm. 174-185

PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

DALAM NILAI PERUSAHAAN


Barbara Gunawan 1 dan Suharti Sri Utami 1
1 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Lingkar Selatan, Kasihan Bantul DIY 55183 Telpon +62 0274 387656 Fax. +62 0274 387646

E-mail: Barbara@umy.ac.id

Abstract: The research conducts study and analysis of the influence of corporate social responsibility on firm value with the percentage of management ownership and the type of industry as moderating variables. The samples in this research comprise 131 componies which are listed in Indonesian Stock Exchange during 2005 and 2006. The reasercher found data by using purposive sampling method and tested the hypotheses by using Simple Regresson Analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). The result of this research are; First, corporate social responsibility, the percentage of management ownership, the type of industry, and variables that interact in this research have an implication to firm value simultaneously; Second, corporate social responsibility has positive implication to firm value, and Third the percentage of management ownership and the type of industry do not role as moderating variables in relation between corporate social responsibility and firm value.

Keywords: corporate social responsibility, firm value, management ownership, type of indus-try


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan persentase pengelolaan kepemilik-an dan pengelolaan jenis industri sebagai variabel moderator. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 131 perusahaan yang terdaftar di Bursa Saham Indonesia selama tahun 2005 dan 2006. Peneliti mendapatkan data dengan menggunakan metode purposive sampling dan pengujian hipotesa menggunakan Simple Regression Analysis and Moderated Regression Analysis (MRA) Hasil penelitian ini adalah Pertama, corporate social responsibility, persentase kepemilikan manajemen, tipe industri, dan variabel-variabel yang berinteraksi dalam riset ini memiliki impikasi pada nilai perusahaan secara simultan, Kedua, corporate social responsibility memiliki implikasi positif terhadap nilai perusahaan, dan Ketiga, persentase kepemilikan manajemen dan jenis industri tidak berperan sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan.

Kata kunci: corporate social responsibility, nilai perusahaan, kepemilikan manajemen, tipe industri



PENDAHULUAN

Suatu perusahaan mempunyai beberapa kewa-jiban yang harus senantiasa dipenuhi, kewajib-an tersebut tidak hanya pada pemegang saham namun juga kewajiban terhadap pihak lain termasuk masyarakat. Menurut Suwaldiman (2000), berdasarkan karakteristik sistem pere-konomian Indonesia, ada 3 kelompok pihak



yang berkepentingan terhadap pertanggung-jawaban manajemen atas pengelolaan perusa-haan, yaitu investor dan kreditor, pemerintah dan masyarakat umum. Nurmansyah (2006) berpendapat bahwa meskipun tujuan utama perusahaan adalah mencari keuntungan sebe-sar-besarnya, sebuah perusahaan tidak dapat dilepaskan dari masyarakat. Terutama pada saat sekarang ini dimana masyarakat difokus-kan pada dampak kurang baik dari masyarakat


bisnis (Ahmad, et al., 2003). Oleh karena itulah dunia usaha pada saat ini tidak lagi hanya memperhatikan catatan keuangan perusahaan semata (single bottom line), melainkan sudah meliputi keuangan, sosial, dan aspek lingkung-an yang biasa disebut Triple bottom line. Sinergi tiga elemen ini merupakan kunci dari konsep pembangunan berkelanjutan (Siregar, 2007).

Dewasa ini dalam menghadapi dampak globalisasi, kemajuan informasi teknologi, dan keterbukaan pasar, perusahaan harus secara serius dan terbuka memperhatikan pertang-gungjawaban sosial perusahaan (Edwin dan Nurdiono, 2007). Dengan menerapkan Corporate social responsibility (CSR) diharapkan perusaha-an akan memperoleh legitimasi sosial dan me-maksimalkan kekuatan keuangannya dalam jangka panjang (Sayekti dan Wondabio, 2007). Penelitian yang dilakukan oleh Hill, et al. (Mag-dalena dan Herlina, 2008) menemukan fakta bahwa dalam jangka panjang, perusahaan yang memiliki komitmen terhadap CSR mengalami kenaikan harga saham yang sangat signifikan dibandingkan dengan berbagai perusahaan yang tidak melakukan praktik CSR.
Retno (Nurlela dan Islahuddin, 2008) menemukan fakta bahwa variabel persentase kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap kebijakan perusahaan dalam mengungkapkan informasi sosial dengan arah sesuai dengan yang diprediksi. Semakin besar kepemilikan manajer di dalam perusahaan, manajer perusa-haan akan semakin banyak mengungkapkan informasi sosial dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan didalam program CSR. Selain itu, Damsetz (Nurlela dan Islahuddin, 2008) berargumen bahwa kepemilikan oleh manaje-men yang besar akan efektif memonitoring aktivitas perusahaan dan dia menyimpulkan bahwa konsentrasi kepemilikan akan mening-katkan nilai perusahaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Gray, et al. (Anggareni, 2006) menunjukkan bahwa se-makin besar kepemilikan manajer di dalam perusahaan maka semakin produktif tindakan manajer dalam memaksimalkan nilai pe-rusahaan, dengan kata lain biaya kontrak dan pengawasan menjadi rendah. Anggraeni 2006) mengatakan bahwa manajer perusahaan akan mengungkapkan informasi sosial dalam rangka


untuk meningkatkan image perusahaan, meski-pun ia harus mengorbankan sumber daya untuk aktivitas tersebut.

Selain kepemilikan manajemen, tipe in-dustri juga mempunyai pengaruh positif ter-hadap tingkat pengungkapan sosial sebagai-mana hasil penelitian yang telah dilakukan Hackston dan Milne pada tahun 1996. Pene-litian yang dilakukan Anggraeni (2006) mene-mukan hasil bahwa variabel persentase kepe-milikan manajemen dan tipe industri berpe-ngaruh signifikan terhadap kebijakan perusa-haan dalam mengungkapkan informasi sosial dengan arah sesuai dengan yang diprediksi. Penelitian lain dilakukan oleh Zuhroh (Sayekti dan Wondabio, 2007), yang menemukan bukti empiris bahwa pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh ter-hadap volume perdagangan saham bagi per-usahaan yang masuk kategori high profile.
Adanya hubungan antara persentase ke pemilikan manajemen maupun tipe industri dengan tingkat pengungkapan informasi sosial dan hubungan antara tingkat pengungkapan sosial dengan nilai perusahaan atau volume perdagangan saham, menimbulkan pertanyaan apakah mungkin persentase kepemilikan mana-jemen dan tipe industri dapat memperlemah atau memperkuat hubungan antara variabel CSR dengan nilai perusahaan, atau dengan kata lain dapat menjadi variabel moderating antara kedua variabel tersebut.

Penelitian ini berusaha untuk mengem-bangkan penelitian Rika Nurlela dan Islahud-din (2008) yang berjudul “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating”, dengan modifi-kasi: (1) mengikutsertakan Bank dan lembaga keuangan sebagai sampel penelitian, (2) perio-de penelitian yang lebih panjang, (3) penam-bahan item pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, (4) menggunakan model serta pengujian penelitian yang berbeda, dan
(5) menjadikan variabel tipe industri sebagai variabel moderating. Adapun rumusan masa-lah penelitian ini adalah: (1) Apakah CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan?
(2) Apakah persentase kepemilikan manajemen berperan sebagai variabel moderating dalam


Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)
175


hubungan antara CSR dengan nilai perusaha-an?, (3) Apakah tipe industri berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan?

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah:

(1) Untuk mengetahui apakah CSR berpenga-ruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) Untuk mengetahui apakah persentase kepemilikan manajemen berperan sebagai variabel moder-ating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan, dan (3) Untuk mengetahui apakah tipe industri berperan sebagai variabel moder-ating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan?

Tinjauan Mengenai CSR. The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD), mendefinisikan CSR sebagai suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertin-dak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setem-pat atau pun masyarakat luas, bersamaan de-ngan peningkatan taraf hidup pekerjanya beser-ta seluruh keluarganya. Tanaya (Nurmansyah, 2006) berpendapat bahwa setidaknya ada tujuh manfaat CSR, yakni: (1) daya saing berkelan-jutan, dimana CSR sangat berpengaruh terha-dap daya saing perusahaan, (2) menciptakan peluang bisnis baru, (3) menarik dan memper-tahankan investor dan mitra bisnis yang ber-kualitas, (4) kerjasama dengan komunitas lokal,

(5)   menghindari krisis akibat malpraktek CSR,
(6)     mendapat dukungan pemerintah karena banyak pemerintahan yang menyediakan in-sentif keuangan terhadap inisiatif-inisiatif CSR yang baik, dan (7) membantu modal politik, yakni terciptanya hubungan baik dengan peme-rintah dan tokoh politik, mempengaruhi pera-turan, menata ulang institusi publik dimana perusahaan bergantung serta meningkatkan citra publik perusahaan.

Zhegal dan Ahmed (Anggraeni, 2006) me-ngidentifikasikan hal-hal yang berkaitan de-ngan pelaporan sosial perusahaan, yaitu seba-gai berikut: (1) Lingkungan, meliputi pengen-dalian terhadap polusi, pencegahan atau per-baikan terhadap keruksakan lingkungan, kon-servasi alam, dan pengungkapan lain yang ber-kaitan dengan lingkungan, (2) Energi, meliputi konservasi energi, efisiensi energi, (3) Praktik bisnis yang wajar, meliputi pemberdayaan ter-

hadap minoritas dan perempuan, dukungan terhadap usaha minoritas, tanggungjawab so-sial, (4) Sumber daya manusia, meliputi ak-tivitas dalam suatu komunitas dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan, pendidikan dan seni, (5) Produk, meliputi keamanan, pengu-rangan polusi, dan lain-lain.

Tinjauan Mengenai Nilai Perusahaan. Dalam jangka panjang, tujuan perusahaan adalah mengoptimalkan nilai perusahaan. Fama (Wah-yudi dan Pawestri, 2006) berpendapat bahwa nilai perusahaan akan tercermin dari harga pa-sar sahamnya. Wahyudi (Nurlela dan Islahud-din, 2008) menyebutkan bahwa nilai perusa-haan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli andai perusahaan tersebut dijual. Semakin tinggi nilai perusahaan meng-gambarkan semakin sejahtera pula pemiliknya. Nilai perusahaan dapat meningkat jika institusi mampu menjadi alat monitoring yang efektif.

Tinjauan Mengenai Kepemilikan Manajemen.

Kepemilikan manajerial (Christiawan dan Tari-gan, 2007) adalah situasi dimana manajer me-miliki saham perusahaan atau dengan kata lain manajer tersebut sekaligus sebagai pemegang saham perusahaan. Dengan demikian, manajer yang memiliki peran ganda sebagai pemegang saham dalam perusahaan yang ia pimpin tidak akan membiarkan perusahaannya mengalami kesulitan keuangan. Jansen dan Meckling (Sukarta, 2007) menyatakan bahwa semakin besar proporsi kepemilikan manajemen dalam suatu perusahaan maka manajemen akan ber-upaya lebih giat untuk memenuhi kepentingan pemegang saham yang juga adalah dirinya sendiri.
Tinjauan Mengenai Tipe Industri. Tipe Indus-tri dapat diklasifikasikan ke dalam 2 kelompok, yakni industri yang masuk sebagai kategori high -profile dan industri low -profile. Klasifikasi tipe industri oleh banyak peneliti sifatnya sangat subyektif dan berbeda-beda. Roberts (Hackston dan Milne, 1996) mengelompokkan perusahaan otomotif, penerbangan dan minyak sebagai industri yang high-profile. Sedangkan Diekers dan Perston (Hackston dan Milne, 1996) mengatakan bahwa industri ekstraktif merupakan industri yang high -profile. Patten (1991) dalam Hackston & Milne (1996) menge-lompokkan industri pertambangan, kimia, dan



176                                Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2, September 2008: 174-185


kehutanan sebagai industri yang high-profile.

CSR dan Nilai Perusahaan. Penelitian sebe-lumnya yang dilakukan oleh Ahmad, et al. (2003) di Malaysia menemukan bukti bahwa pengungkapan CSR mencerminkan usaha-usa-ha perusahaan untuk meningkatkan citra pe-rusahaan dan agar dapat dilihat sebagai perusa-haan yang bertanggungjawab. Penelitian yang dilakukan oleh Hill, et al. Menemukan fakta bahwa dalam jangka panjang, perusahaan yang memiliki komitmen terhadap CSR mengalami kenaikan harga saham yang sangat signifikan dibandingkan dengan berbagai perusahaan yang tidak melakukan praktik CSR. Dahlia dan Siregar (2008) menemukan fakta bahwa CSR berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Dengan demikian menimbulkan dugaan menarik bahwa pengungkapan CSR berpenga-ruh positif terhadap nilai perusahaan. Berda-sarkan penelitian-penelitian terdahulu maka dapat diajukan hipotesis satu yaitu: H1: Corpo-rate social responsibility berpengaruh positif ter-hadap nilai perusahaan.
Persentase Kepemilikan Manajemen, CSR, dan Nilai Perusahaan. Penelitian yang dilakukan oleh Gray, et al. (Anggraeni, 2006) menunjukkan bahwa semakin besar kepemilikan manajer di dalam perusahaan maka semakin produktif tindakan manajer dalam memaksimalkan nilai perusahaan, dengan kata lain biaya kontrak dan pengawasan menjadi rendah. Anggraeni (2006) berpendapat bahwa manajer perusahaan akan mengungkapkan informasi sosial dalam rangka untuk meningkatkan citra perusahaan, mes-kipun ia harus mengorbankan sumber daya untuk aktivitas tersebut.

Struktur kepemilikan oleh beberapa pe-neliti dipercaya mampu mempengaruhi jalan-nya perusahaan yang pada akhirnya berpenga-ruh pada kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu maksimalisasi nilai perusahaan. Penelitian sebelumnya menunjuk-kan bahwa kepemilikan manajerial mempenga-ruhi nilai perusahaan dan nilai perusahaan juga mempengaruhi kepemilikan manajerial (Almilia dan Silvy, 2006). Hal ini disebabkan oleh karena adanya kontrol yang mereka miliki (Wahyudi

dan Pawestri, 2006). Adanya hubungan antara persentase kepemilikan manajemen dengan CSR dan hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan, menimbulkan dugaan menarik bahwa persentase kepemilikan manajemen da-pat menjadi variabel moderating dalam hubu-ngan antara CSR dengan nilai perusahaan. Dengan demikian dapat diajukan hipotesis dua sebagai berikut: H2: Persentase kepemilikan manajemen berperan sebagai variabel moderat-ing dalam hubungan antara Corporate social re-sponsibility dengan nilai perusahaan.

Tipe  Industri,  CSR,  dan  Nilai  Perusahaan.

Penelitian yang dilakukan Anggraeni (2006) mengenai pengungkapan informasi sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhinya menemu-kan hasil bahwa variabel persentase kepemilik-an manajemen dan tipe industri berpengaruh signifikan terhadap kebijakan perusahaan da-lam mengungkapkan informasi sosial dengan arah sesuai dengan yang diprediksi. Tipe industri berpengaruh terhadap kebijakan peru-sahaan dalam mengungkapkan informasi so-sial. Industri yang high-profile yaitu industri yang memiliki visibilitas konsumen, risiko poli-tis yang tinggi, atau menghadapi persaingan yang tinggi akan cenderung mengungkapkan informasi sosial yang lebih banyak diban-dingkan industri yang low-profile.

Penelitian lain dilakukan oleh Zuhroh (Sa-yekti dan Wondabio, 2007), menemukan bukti empiris bahwa pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh terhadap volume perdagangan saham bagi perusahaan yang masuk kategori high profile. Adanya hubungan antara tipe industri dengan CSR dan hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan maupun volume perdagangan saham, menimbulkan dugaan bahwa tipe industri dapat menjadi variabel moderating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya, maka dapat diajukan hipotesis tiga, yakni: H3:Tipe industri berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara Corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.

Model penelitian tampak pada Gambar 1.





Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)                                                           177

Corporate Social

Nilai Perusahaan (Y)

Responsibility (X
1)




Gambar Model Hubungan CSR dan Nilai Perusahaan
Persentase Kepemilikan Manajemen (X2)




Corporate Social

Responsibility (X1)






Nilai Perusahaan (Y)


Gambar Model Hubungan CSR, Nilai Perusahaan, dan Tipe Industri

Tipe Industri (X3)


Corporate Social         Nilai Perusahaan (Y)
Responsibility (X1)

Gambar Model Hubungan CSR, Nilai Perusahaan, dan Tipe Industri

Gambar 1. Model Penelitian



METODE PENELITIAN

Obyek/Subyek Penelitian

Sampel penelitian ini adalah perusahaan go public yang terdaftar di BEI dan menerbitkan laporan tahunan lengkap (annual report) pada tahun 2005 dan 2006.

Teknik Pengambilan Sampel

Sampel dipilih dengan metode purposive sam-pling, dengan kriteria sampel sebagai berikut:

(1) Seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI selama tahun 2005-2006, (2) Perusahaan-peru-sahaan yang menjadi sampel adalah perusa-haan yang mempublikasikan laporan tahunan selama tahun 2005-2006, (3) Mengungkapkan informasi sosial dan informasi lainnya yang dibutuhkan selama tahun 2005-2006, (4) Memi-liki data yang lengkap terkait dengan variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian.

Teknik Pengumpulan Data



yakni data yang tidak didapatkan langsung dari sumbernya. Data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEI un-tuk periode 2005-2006, data tersebut didapatkan dari website www.idx.co.id. Selain mengumpul-kan data dari laporan tahunan perusahaan yang digunakan untuk menghitung indeks CSR, data juga didapatkan dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2006 dan 2007.

Definisi Operasional Variabel Penelitian

Variabel Independen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah CSR. Untuk menentukan tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan pada setiap perusahaan, maka perlu dihitung angka indeks. Perhitungan un-tuk mencari angka indeks ditentukan dengan formulasi sebagai berikut (Haniffa, et al. dalam
Sayekti dan Wondabio, 2007):
CSRIj =
Ã¥Xij
(1)

nj






Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang dikelompokkan ke dalam data sekunder

Keterangan: CSRIj adalah Corporate Social Res-ponsibility Disclosure Index perusahaan j; nj


178                                Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2, September 2008: 174-185


adalah jumlah item untuk perusahaan j, nj ≤ 38
digunakan dalam penelitian. Adapun pengu-

Xij adalah dummy variable (1=jika item i diung-
jian yang dilakukan adalah: (1) Uji normalitas

kapkan; 0=jika item i tidak diungkapkan)
yang bertujuan untuk menguji apakah dalam


Variabel
Moderating.  Variabel
moderating
model regresi, variabel pengganggu atau resi-

pertama dalam penelitian ini adalah persentase
dual memiliki distribusi normal (Ghozali, 2005).

kepemilikan
manajemen,  yakni
persentase
Untuk menguji apakah data berdistribusi nor-

saham yang dimiliki oleh manajer, direksi serta
mal atau tidak maka akan dilakukan dengan

dewan komisaris. Variabel moderating kedua
menggunakan uji statistik non-parametrik Kol-

adalah tipe Industri. Tipe industri perusahaan
mogorov-Smirnov (K-S); (2) Uji Multikolinea-

akan dibedakan menjadi dua, yaitu high profile
ritas dimaksudkan untuk menguji apakah da-

dan low profile. Perusahaan perminyakan dan
lam model regresi ditemukan adanya korelasi

pertambangan, kimia, hutan, kertas, otomotif,
antarvariabel bebas/independen (Ghozali, 2005).

penerbangan, agribisnis, tembakau dan rokok,
Pada dasarnya, data dikatakan baik bila tidak

produk makanan dan minuman, media, dan
terjadi problem multikolinearitas. Dalam pene-

komunikasi, kesehatan, transportasi, dan pari-
litian ini, masalah multikolinieritas dilihat dari

wisata akan dimasukkan ke dalam kategori high
VIF (variance inflation factor) dan nilai tolerance,

profile. Sedangkan, perusahaan di bidang ba-
(3) Uji autokorelasi dilakukan untuk menguji

ngunan,  keuangan  dan  perbankan,  supplier
apakah dalam model regresi linear ada korelasi

peralatan medis, properti, retailer, tekstil dan
kesalahan pengganggu pada periode t dengan

produk tekstil, produk personal, dan produk
kesalahan pengganggu pada periode t-1 yakni

rumah tangga dimasukkan ke dalam kategori
periode  sebelumnya  (Ghozali,  2005).  Untuk

low profile (Sembiring, 2005). Perusahaan yang
mengetahui ada atau tidaknya masalah auto-

termasuk  dalam  industri  yang  high-profile
korelasi  ini  maka  digunakan  uji  Breusch-

diberikan skor 1, sedangkan perusahaan yang
Godfrey (BG test); (3) Uji Heteroskedastisitas,

termasuk dalam industri yang low-profile diberi-
dilakukan untuk menguji apakah dalam model

kan skor 0.



regresi  terjadi  ketidaksamaan  varian  dari


Variabel Dependen. Variabel dependen da-
residual satu observasi ke observasi lain. Model

lam  penelitian  ini  adalah  nilai  perusahaan,
regresi yang baik adalah model regresi yang

yakni harga yang bersedia dibayar oleh calon
homoskedastisitas  atau  tidak  terjadi  hetero-

pembeli  andai  perusahaan  tersebut  dijual.
skedastisitas, yakni variance dari residual satu

Dalam penelitian ini, nilai perusahaan diukur
pengamatan  ke  pengamatan  lainnya  tetap

dengan menggunakan Tobin’s q. Adapun rumus
(Ghozali, 2005). Dalam penelitian ini, untuk

menghitung nilai perusahaan dengan meng-
mengetahui apakah model regresi homoske-

gunakan rasio Tobin’s q ini adalah sebagai beri-
dastisitas atau tidak maka dilakukan uji Glejser.

kut:



Uji Hipotesis dan Analisis Data


(EMV +D)


q =
(2)
Untuk menjawab hipotesis 1, data dianalisis

(EBV +D)

dengan  menggunakan  alat  analisis  statistik

dimana: q adalah nilai perusahaan; EMV adalah
yakni analisis regresi linier sederhana. Hipo-

tesis akan diterima jika nilai sig < α dan nilai

nilai pasar ekuitas (EMV=closing price x jumlah
koefisien regresi bernilai positif. Jika salah satu

saham yang beredar); EBV adalah nilai buku
dari  syarat  tersebut  tidak  terpenuhi,  maka

dari total aktiva; D adalah nilai buku dari total
hipotesis tidak dapat diterima. Untuk menja-

hutang.



wab hipotesis 2 dan hipotesis 3, data akan

Uji Asumsi Klasik

dianalisis
dengan
menggunakan  Moderated


Regression Analysis (MRA) atau sering disebut

Uji Asumsi Klasik merupakan pengujian yang
dengan uji interaksi. Dengan demikian, maka

persamaan
regresi
untuk ketiga hipotesis ini

harus dilakukan sebelum melakukan pengujian

adalah:



hipotesis dan analisis data. Uji asumsi klasik ini



Y = a + b1XI + e
(3)

dilakukan untuk mengetahui kualitas data yang











Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)

179



Y = a + b1XI + b2X2 + b4XI X2 + e                   (4)   Statistik Deskriptif


Y = a + b1XI + b3X3 + b5XI X3 + e
(5)

Keterangan: Y adalah Nilai Perusahaan; a adalah Konstanta; b1 -b5 adalah Koefisien Re-gresi; XI adalah CSR; X2 adalah Persentase Ke-pemilikan Manajemen; X3 adalah Tipe Industri; XIX2 adalah Interaksi antara CSR dengan Per-sentase Kepemilikan Manajemen; XIX3 adalah Interaksi antara CSR dengan Tipe Industri; e adalah Error Term, adalah tingkat kesalahan penduga dalam penelitian

Selanjutnya untuk pengolahan data digu-nakan fasilitas bantuan program komputer SPSS 12.0.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Gambaran Umum Obyek/Subyek Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Objek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI yang menerbitkan laporan tahunan lengkap beserta dengan catatan lapor-an keuangannya per 31 Desember 2005 dan per 31 Desember 2006. Pada tahun 2005, terdapat 339 perusahaan yang terdaftar di BEI, namun hanya 325 perusahaan saja yang menerbitkan laporan tahunan lengkap pada tahun tersebut. Pada tahun 2006, perusahaan yang listing di BEI sebanyak 340 perusahaan dan hanya 209 perusahaan saja yang menerbitkan laporan tahunan lengkap. Berdasarkan hasil pemilihan sampel sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pada bab III, diperoleh jumlah sam-pel sebanyak 131 perusahaan (63 perusahaan untuk tahun 2005 dan 68 perusahaan untuk tahun 2006).


Tabel 1 merupakan gambaran statistik deskriptif variabel-variabel yang digunakan dalam pene-litian ini. Variabel CSR memiliki nilai mean atau nilai rata-rata sebesar 0,162711. Variabel persentase kepemilikan manajemen memiliki nilai minimum 0,0000 dan nilai maksimumnya 0,5315 dengan nilai rata-rata 0,022815. Variabel selanjutnya adalah tipe industri yang memiliki nilai rata-rata 0,44 serta standar deviasi sebesar 0,499. Variabel terakhir adalah nilai perusahaan yang merupakan variabel independen dalam penelitian ini, dimana nilai minimumnya 0,1668, nilai maksimumnya 1,8142, dan rata-ratanya 0,774110.

Uji Asumsi Klasik

Normalitas. Hasil pengujian one sample Kolmo-gorov Smirnov test dengan menggunakan nilai unstandardize residual menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,130 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data telah lulus uji nor-malitas artinya data berdistribusi normal.

Multikolinearitas. Hasil analisis menun-jukkan bahwa nilai VIF semua variabel berada di bawah 10 dan nilai tolerance berada di atas 0,10 maka dapat disimpulkan bahwa dalam model regresi 2 dan model regresi 3 tidak terjadi gejala multikolinieritas.
Autokorelasi. Hasil pengujian BG test menunjukkan bahwa model regresi 1 memiliki nilai lag residual 0,817>0,05. Model regresi 2 memiliki nilai lag residual 0,855>0,05, dan model regresi 3 nilai lag residualnya adalah sebesar 0,705>0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data lulus uji autokorelasi, atau dengan kata lain ini berarti model regresi bebas dari autokorelasi.

Heteroskedastisitas. Hasil pengujian hete-



Tabel 1. Jumlah Perusahaan Sampel

Descriptive Statistics


N
Minimum
Maximum
Mean
Std. Deviation








Nilai Perusahaan
131
,1668
1,8142
,774110
,3259497

Indeks Pengungkapan Sosial
131
,0263
,3947
,162711
,0932357

Kepemilikan Manajemen
131
,0000
,5315
,022815
,0845775

Tipe Industri
131
0
1
,44
,499

Valid N (listwise)
131






180                                Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2, September 2008: 174-185


rokedastisitas dengan menggunakan uji glejser menunjukkan bahwa variabel CSR untuk se-mua model regresi memiliki nilai sig 0,000< 0,05 artinya adalah variabel tersebut tidak lulus uji heteroskedastisitas. Sedangkan persentase kepemilikan manajemen dan interaksi antara CSR dengan persentase kepemilikan manaje-men masing-masing memiliki nilai sig 0,363 dan 0,184. Dengan demikian persentase kepe-milikan manajemen dan interaksi antara CSR dengan persentase kepemilikan manajemen lulus uji heteroskedastisitas, karena probabilitas signifikansinya di atas tingkat kepercayaan 5%. Tipe industri dan interaksi antara CSR dengan tipe industri juga lulus uji heteroskedastisitas karena nilai sig untuk masing-masing variabel adalah 0,776 dan 0,085 lebih besar dari 0,05.

Pengujian Hipotesis

Analisis R-square. Nilai R-square untuk model regresi 1 sebesar 0,099 artinya bahwa variabel nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel CSR sebesar 9,9 persen, sedangkan sisanya se-besar 90,1 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Nilai Adjusted R-square untuk model regresi 2 sebesar 0,102 yang berarti


bahwa nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel CSR, persentase kepemilikan manaje-men, dan interaksi antara CSR dengan persen-tase kepemilikan manajemen sebesar 10,2 per-sen, sisanya sebesar 89,8 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Nilai perusahaan pada model 3 dapat dijelaskan oleh variabel CSR, tipe industri, dan interaksi antara CSR dengan tipe industri sebesar 15,9 persen, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian. Hal ini dapat diketahui dari nilai Adjusted R-square untuk model regresi 3 yang hanya sebesar 0,159.

Uji Signifikansi Simultan (Uji F). Tabel 2 dan Tabel 3 menunjukkan hasil uji signifikansi simultan untuk hipotesis 2 dan hipotesis 3 penelitian ini. Pada Tabel 5 diketahui bahwa nilai sig untuk hipotesis 2 adalah 0,001<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa CSR, persen-tase kepemilikan manajemen, serta interaksi antara CSR dengan persentase kepemilikan manajemen secara simultan/bersama-sama ber-pengaruh terhadap variabel dependen yaitu nilai perusahaan.

Tabel 3 menunjukkan nilai sig untuk hi-potesis 2 adalah 0,000<0,05 maka dapat disim-



Tabel 2. Hasil Uji Signifikansi untuk Hipotesis 2

ANOVA
Model

Sum of
df
Mean
F
Sig.


Squares

Square


1
Regression
1,700
3
,567
5,942
,001(a)

Residual
12,112
127
,095



Total
13,812
130



a   Predictors: (Constant), XIX2, Indeks Pengungkapan Sosial, Kepemilikan Manajemen

b   Dependent Variable: Nilai Perusahaan

Tabel 3. Uji Hipotesis 1

Coefficients(a)


Model

Unstandardized
Standardized





Coefficients
Coefficients
t
Sig.




B
Std. Error
Beta

















1
(Constant)
,595
,055

10,873
,000



Indeks Pengungkapan
1,100
,292
,315
3,764
,000



Sosial










a Dependent Variable: Nilai Perusahaan


Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)                                                           181


pulkan bahwa CSR, tipe industri, serta interaksi antara CSR dengan tipe industri secara simul-tan/bersama-sama berpengaruh terhadap va-riabel dependen yaitu nilai perusahaan.

Uji Signifikansi Paramater Individual (Uji t). Hasil pengujian pada Tabel 4 menunjukkan bahwa variabel CSR memiliki koefisien regresi sebesar +1,100 dengan nilai sig 0,000<0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima, artinya bahwa Corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan Tabel 4 maka diperoleh model persamaan regresi sebagai berikut:

Y = 0, 595 + 1,100XI + e

Hasil pengujian pada Tabel 5 menunjukkan bahwa variabel interaksi antara CSR dengan persentase kepemilikan manajemen pada pene-litian ini memiliki nilai sig 0,592 > 0,05 dengan koefisien regresi sebesar -3,266. Dengan demi-kian berarti H 2 ditolak, sehingga dapat disim-pulkan bahwa persentase kepemilikan manaje-men tidak berperan sebagai variabel modera-ting dalam hubungan antara Corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.


Hasil pengujian pada Tabel 5 menunjukkan bahwa interaksi antara CSR dengan tipe indus-tri pada penelitian ini memiliki nilai sig 0,223>0,05. Dengan demikian berarti H3 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tipe indus-tri tidak berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara Corporate social responsi-bility dengan nilai perusahaan.

Berdasarkan hasil uji regresi linier seder-hana didapatkan hasil bahwa variabel CSR me-miliki nilai sig 0,000>0,05 dengan koefisien re-gresi bernilai positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya adalah hipotesis yang menyatakan bahwa Corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan didukung. Dengan demikian jelas bahwa CSR menjadi salah satu faktor yang menentukan nilai perusahaan. Semakin banyak perusahaan mengungkapkan item pengung-kapan sosialnya dan semakin bagus kualitas pengungkapannya, maka akan semakin tinggi nilai perusahaannya.

Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Ahmad, et al. (2003) di Malaysia yang menemukan bukti bahwa pe-ngungkapan CSR mencerminkan usaha-usaha perusahaan untuk meningkatkan citra perusa-



Tabel 4. Uji Hipotesis 2

Coefficients(a)

Model

Unstandardized
Standardized






Coefficients
Coefficients
t
Sig.










B
Std. Error
Beta





1
(Constant)
,620
,057

10,866
,000




Indeks Pengungkapan Sosial
1,033
,299
,295
3,456
,001




Kepemilikan Manajemen
-,273
,662
-,071
-,412
,681




XIX2
-3,266
6,075
-,091
-,538
,592


a Dependent Variable: Nilai Perusahaan








Tabel 5. Uji Hipotesis 3

Coefficients(a)




Unstandardized
Standardized




Model

Coefficients
Coefficients
t
Sig.




B
Std. Error
Beta




1
(Constant)
,631
,066

9,514
,000



Indeks Pengungkapan
,275
,443
,079
,622
,535



Sosial











Tipe Industri
,064
,119
,098
,541
,590



XIX3
,762
,622
,279
1,225
,223


a Dependent Variable: Nilai Perusahaan


182                                Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2, September 2008: 174-185


haan dan agar dapat dilihat sebagai perusahaan yang bertanggungjawab. Penelitian ini juga se-suai dengan penelitian yang dilakukan Dahlia dan Siregar (2008) yang menemukan fakta bah-wa CSR berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, dimana hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa perilaku etis perusahaan berupa tanggung jawab sosial ter-hadap lingkungan sekitarnya memberikan dampak yang positif, yang dalam jangka pan-jang akan tercermin dalam keuntungan perusa-haan dan kinerja keuangannya.

Hasil analisis terhadap hipotesis 2 yang menyatakan bahwa persentase kepemilikan manajemen berperan sebagai variabel moderat-ing dalam hubungan antara Corporate social re-sponsibility dengan nilai perusahaan, tidak dapat diterima. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien regresi yang negatif dan nilai sig variabel interaksi antara persentase kepemilik-an manajemen dengan CSR sebesar 0.592 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05.
Hasil penelitian ini tidak mendukung pe-nelitian yang dilakukan oleh Anggraeni (2006) yang menyatakan bahwa variabel persentase kepemilikan manajemen dan tipe industri ber-pengaruh signifikan terhadap kebijakan peru-sahaan dalam mengungkapkan informasi sosial dengan arah sesuai dengan yang diprediksi. Penelitian ini juga tidak mendukung penelitian

Rachmawati dan Triatmoko (2007) yang mene-mukan bukti bahwa variabel kepemilikan in-stitusional dan kepemilikan manajerial mem-punyai pengaruh positif terhadap nilai perusa-haan.

Penolakan hipotesis ini dimungkinkan ka-rena selama tahun pengamatan, persentase ke-pemilikan manajemen perusahaan-perusahaan yang menjadi sampel relatif kecil. Bila dihitung, maka dapat diketahui bahwa rata-rata persen-tase kepemilikan manajemen selama tahun pengamatan hanya sebesar 2,28 persen. Dengan demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurlela dan Islahuddin (2008) yang menemukan fakta bahwa persentase kepemilikan manajemen ti-dak bertindak sebagai variabel moderating dalam hubungan antara CSR dengan nilai peru-sahaan.

Hasil analisis untuk H3 yang menyatakan


bahwa tipe industri berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara Corporate social responsibility dan nilai perusahaan tidak dapat diterima karena nilai sig variabel inter-aksi antara X1 dengan X3 sebesar 0,223 > 0,05. Hasil penelitian ini tidak mendukung peneli-tian yang dilakukan oleh Anggraeni (2006) yang menemukan fakta bahwa tipe industri berpe-ngaruh terhadap kebijakan perusahaan dalam mengungkapkan informasi sosial. Menurutnya perusahaan yang termasuk dalam industri yang high-profile akan memberikan informasi sosial lebih banyak dibandingkan perusahaan yang low-profile.

Penolakan hipotesis tiga ini dimungkinkan karena perusahaan yang high profile dalam penelitian ini masih lebih sedikit yakni hanya 58 perusahaan dibandingkan dengan perusaha-an yang termasuk pada industri low profile se-banyak 73 perusahaan. Dengan demikian, hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan Kelly (1981), Davey (1982), Ng (1985) dan Cowen, et al. (1987), yang tidak menemukan hubungan antara kedua variabel tersebut.

SIMPULAN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penga-ruh CSR terhadap nilai perusahaan, selain itu juga menguji apakah persentase kepemilikan manajemen dan tipe industri berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model 2, variabel CSR, persentase kepemilikan manajemen, dan interaksi antara CSR dengan persentase ke-pemilikan manajemen, secara simultan berpe-ngaruh terhadap nilai perusahaan. Sama halnya dengan model regresi 2, variabel CSR, tipe in-dustri dan interaksi antara CSR dengan tipe industri pada model regresi 3 juga mempunyai pengaruh secara simultan terhadap nilai peru-sahaan.

Bukti empiris penelitian ini mendukung Hipotesis 1 yang menyatakan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terha-dap nilai perusahaan, artinya bahwa CSR me-rupakan faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya nilai perusahaan. Semakin banyak


Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)
183


perusahaan mengungkapkan item pengung-kapan sosialnya dan semakin bagus kualitas pengungkapannya, maka akan semakin tinggi nilai perusahaannya. Dari hasil pengujian data juga ditemukan fakta bahwa persentase ke-pemilikan manajemen dan tipe industri tidak berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara CSR dengan nilai perusahaan.

Saran penulis dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Penelitian selanjutnya sebaiknya memperpanjang periode pengamatan agar da-pat lebih mengetahui implikasi penerapan CSR dalam jangka panjang, (2) Peneliti selanjutnya sebaiknya terus menambah item pengungkapan CSR yang sesuai dengan kondisi yang ada dalam masyarakat, misalnya item promosi karyawan/pegawai, serta item lainnya yang berhubungan dengan masalah energi, (3) Nilai

R-square dan Adjusted R 2 dalam penelitian ini masih relatif kecil yang menunjukkan bahwa variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang jauh lebih besar terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian penelitian selanjutnya dapat menam-bah atau menggunakan variabel lainnya untuk mengetahui lebih lanjut variabel apa saja yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan.

Keterbatasan dari penelitian ini adalah: (1) Item pengungkapan sosial perusahaan dalam penelitian ini masih sangat terbatas karena data hanya diambil dari laporan tahunan, bukan dari laporan keberlanjutan, (2) Variabel CSR dalam penelitian ini tidak lolos uji heteroske-dastisitas, yang berarti bahwa model regresi belum sepenuhnya baik.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, N. N., et al. 2003. Corporate Social Re-sponsibility Disclosure in Malaysia: An Analysis of Annual Reports of KLSE Listed Companies. IIUM Journal of Eco-nomics and Management. 11, No. 1: 51-86.

Almilia, L. S. dan Silvy, M. 2006. Kebijakan Di-viden dan Kebijakan Leverage terhadap Prediksi Kepemilikan Manajerial dengan Teknik Analisis Multinomial Logit. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 6, No. 1.

Anggraeni, R. Fr. 2006. Pengungkapan Informa-si Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempe-ngaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Kumpulan Makalah SNA IX.

Christiawan, Y. J. dan Tarigan, J. 2007. Kepe-milikan Manajeral: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 9, No. I.

Dahlia, L. dan Siregar, S. V. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan. Kumpulan Makalah SNA X1.

Edwin dan Nurdiono. 2007. Evaluasi Pengung-kapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial pada Laporan Tahunan Perusahaan dalam Kelompok Aneka Industri yang Go Publik di BEJ. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 12, No. I, Januari.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hackston, D. and Milne, M. J. 1996 . Some De-terminants of Social and Environmental Disclosures in New Zealand Companies.

Accounting, Auditing & Accountability Journal. Vol. 9, No. 1: 77-108.

Magdalena, N. dan Herlina. 2008. Pengemba-ngan Value-Based Management Melalui Corporate Social Responsibility dan Pre-miumisation sebagai Strategi Menembus Persaingan Pasar Masa Depan. Kumpulan Makalah National Conference UKWMS.

Nurlela, R. dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Persentase Ke-pemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Kumpulan Makalah SNA X1.

Nurmansyah, A. 2006. Corporate Social Res-ponsibility: Isu dan Implementasinya. Ka-jian Bisnis. Vol. 14, No. 1: 86-98.

Rachmawati, A. dan Triatmoko, H. 2007. Ana-lisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi


184                                Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2, September 2008: 174-185


Kualitas  Laba  dan  Nilai  Perusahaan.

Kumpulan Makalah SNA X.

Sayekti, Y. dan Wondabio, L. S. 2007 . Penga-ruh CSR Disclosure terhadap Earning Re-sponse Coefficient. Kumpulan Makalah SNA X.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tang-gungJawab Sosial: Studi pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Siregar, Chairil N. 2007. Analisis Sosiologis ter-hadap Implementasi Corporate Social Responsibility pada Masyarakat Indone-sia. Jurnal Sosioteknologi. Edisi 12 Tahun 6: 285-288.

Sukarta, M. 2007. Pengaruh Manajemen Laba, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusa-haan pada Kesejahteraan Pemegang Sa-ham Perusahaan Target Akuisisi. Jurnal

Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 10, No. 3: 243-267.

Suwaldiman. 2000. Pentingnya Pertimbangan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan da-lam Penetapan Tujuan Pelaporan Keuang-an dalam Conceptual Framework Pela-poran Keuangan Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 4, No. 1: 67-99.

Wahyudi, U. dan Pawestri, H. P. 2006. Impli-kasi Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: dengan Keputusan Keuang-an sebagai Variabel Intervening. Kumpul-an Makalah SNA IX.

www.bpkp.go.id.

www.wikipedia.com

www.bumn.go.id






































Peranan Corporate Social Responsibility (Barbara dan Suharti)                                                           185

Tidak ada komentar:

Posting Komentar