Selasa, 06 November 2012

Bagaimana Cara Mensosialisasikan Koperasi ke Masyarakat?


Nama : Hendah Lahyunita Kusiandari
Kelas : 2EB08
Npm  : 23211278


Demokrasi ekonomi memberikan kesempatan kepada setiap orang atau lembaga untuk berperan serta dalam membangun perekonomian. Sesuai dengan amanat pasal 33 UUD 1945 bahwa pembangunan ekonomi nasional kita dilakukan oleh tiga pelaku ekonomi yaitu negara, swasta dan koperasi. Sebagai soko guru perekonomian nasional, koperasi merupakan kekuatan ekonomi rakyat sehingga dapat dijadikan tiang utama pembangunan ekonomi nasional.
            Koperasi mempunyai kelebihan yang bisa menjadikan koperasi sebagai sebuah bentuk badan usaha yang cukup prospektif di Indonesia. Tetapi karena kurangnya perhatian dan kurangnya promosi untuk mengenalkan koperasi pada masyarakat, maka masyarakat hanya mengetahui koperasi adalah lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan asas kekeluargaan saja. Tidak tau apa tujuan, prinsip, dan kegiatan yang sebenarnya dilakukan oleh koperasi.


Bagaimana cara mensosialisasikan koperasi ke masyarakat? Sebuah pertanyaan yang harus dijawab. Namun sosialisasi koperasi itu sendiri sudah jarang terdengar di telinga kita. Kita jarang sekali mengetahui keberadaan koperasi itu sendiri. Maka saat ini baik pemerintah maupun tokoh-tokoh masyarakat harus memlakukan sosialisasi kepada masyarakat awam yang belum mengetahui atau hanya tahu sedikit mengenai koperasi itu sendiri.

Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat sangatlah penting, karena banyak masyarakat yang tidak mengerti arti koperasi, tujuan koperasi, dan manfaat koperasi sesungguhnya bagi masyarakat. Sosialisasi ini diharapkan dapat mengenalkan koperasi pada masyakarat sehingga masayarakat benar-benar mengerti tentang koperasi. Karena kurangnya sosialisasi itu, masyarakat cenderung jarang sekali membeli barang-barang yang dijual oleh koperasi dan lebih memilih membeli barabg di alfamart, indomart dan sejenisnya. Dan juga dalam hal simpan-meminjam uang, masyarakat lebih memilih bank dibandingkan koperasi.
Kurang berkembangnya koperasi di Indonesia juga dikarenakan kurangnya sosialisasi koperasi ke masyarakat. Hal ini sangat menghambat perkembangan koperasi dan salah satu faktor penghambat untuk kemajuan perkoperasian.
Sosialisasi mengenai koperasi dapat dilakukan ke berbagai lapisan masyarakat, kepada sekolah dasar, SMP, SMA, Universitas, Perusahaan, maupun lingkungan bermasyarakat. Sosialisasi pun dimaksimalkan dijalankan secara merata diberbagai daerah, perkotaan maupun pedesaan harus mendapatkan sosialisasi ini.

Perkenalan lebih dini tentang apa itu koperasi di kalangan pelajar pun turut dilakukan, sosialisasi ke sekolah-sekolah dapat dilakukan dengan cara mendatangi ke sekolah-sekolah secara berkala untuk memberikan informasi mengenai koperasi dan mengapa pentingnya sebuah unit koperasi diperlukan di dalam suatu sekolah, setelah sosialisasi dilakukan sangat diharapkan jumlah sekolah yang memiliki koperasi semakin bertambah. Dengan adanya demikian maka kita turut mengajarkan untuk murid-murid agar dapat terus meningkatkan kegiatan berkoperasi sejak sedini mungkin. Dan sosialisasi koperasi juga dapat dilakukan di universitas-universitas dengan mengadakan seminar-seminar yang bersifat persuasif, agar mahasiswa-mahasiswi dapat lebih mengetahui tentang koperasi itu sendiri dan tidak hanya mendengar sosialisasi tersebut. Tapi diharapkan diwujudkan dalam kenyataannya sehingga dapat memajukan perkoperasian di Indonesia.

Banyak di desa-desa yang sudah memulai mensosialisasikan koperasi pada warganya. Tujuannya adalah untuk memberikan wadah kepada warga terdampak dalam menangkap peluang usaha sehingga dapat mendorong perekonomian warga. Pemerintah hanya memfasilitasi keinginan masyarakat dalam mewujudkan keinginan-keinginan masyarakat yang ingin menjalankan usaha-usahanya. Salah satu cara yang dilakukan di desa adalah dengan mengumulkan para warganya dibalai desa dan memberikan pemahaman tentang koperasi yang akan dibangun di desa yang bersangkutan. Kita juga bisa memanfaatkan media teknologi yang sekarang sudah maju, mulai dari internet atau media massa masyarkat. Mengiklankan koperasi lewat media menurut saya sudah cukup . Mengiklankan bagaimana kegiatan koperasi, visi dan misi yang di anut, tujuan yang akan dicapai, keuntungan apa yang akan didapat . Dengan pemanfaatan internet bisa juga dijadikan penguatan jejaring baik internal maupun eksternal lembaga. Bisa dijadikan pula sebagai media kerjasama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya dan hasilnya tidak sedikit justru muncul lembaga yang menjadi besar karena jalur “online”nya.  Selain itu, koperasi itu sendiri pun juga harus mensosialisasikan langsung koperasinya sendiri kepada masyarakat umum. Tindakan ini sangat ampuh, sehingga hasilnya bisa dirasakan koperasi itu sendiri, dan dapat meningkatkan perekonomian koperasi.

Koperasi sebagai salah satu lembaga yang posisinya cukup vital dalam perekonomian bangsa juga harus bisa “berbaur” dengan dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi, pemanfaatan fasilitas dunia maya ini juga bisa dijadikan media persuasif kepada publik. Tidak terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media oleh koperasi untuk publikasi, contoh kecilnya dengan banyaknya situs jejaring sosial semacam facebook dan twitter. Situs jejaring sosial demikian seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi-koperasi di Indonesia untuk lebih menggencarkan aktivitasnya.

Cara lain yang dapat dijadikan alat untuk sosialisasi adalah pengenalan prodik-produk hasil produksi koperasi itu sendiri. Dengan pengenal produk-produk itu bisa diselipkan sosialisasi mengenai apa itu koperasi, manfaatnya, tujuannya, visi dan misinya. Diharapkan juga melalui sosialisasi tersebut, masyarakat dapat membeli produk-produk koperasi yang memiliki harga yang murah tapi juga berkualitas, tidak kalah dengan indomart, alfamart, dan sejenisnya.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Dengan ini diharapkan masyarakat bisa tertarik berinvestasi dan bergabung dalam memulai usaha-usaha mereka dengan bekerjasama koperasi. Dan dapat memajukan koperasi sebagai salah satu sektor perekonomian Indonesia. Saya sangat mengharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat kecil dan menengah. Semoga dengan ini dapat membangun koperasi yang lebih baik lagi.

Setelah mensosialisasikan tentang koperasi beserta manfaatnya selanjutnya mulai melakukan menggerakan warga atau masyarakat untuk bergabung dalam koperasi. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memanfaatkan potensi lain dari diri masing-masing para warga. Apalagi bagi para masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak bisa full memenuhi modal yang diinginkan.
Hal ini dapat diatasi dengan cara menggerakan warga untuk menjadi anggota koperasi. Tentunya banyak sekali keuntungan yang didapat ketika masuk menjadi anggota koperasi. Masyarakat akan lebih aktif dalam hal berorganisasi, mengembangkan potensi kewirausahaan, memajukan lembaga usaha dalam negeri dan dapat mendapatkan pengembangan softskill.  

Diharapkan dari sosialisasi ini adalah semakin dikenalnya koperasi-koperasi yang ada dengan berbagai jenis di Indonesia dan juga semakin berkembang pesatnya perkoperasian di Indonesia yang dimana saat ini masih kurang berkembang dikarenakan hambatan-hambatan yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar