Nama :
Hendah Lahyunita Kusiandari
Kelas :
2EB08
Npm : 23211278
Demokrasi ekonomi
memberikan kesempatan kepada setiap orang atau lembaga untuk berperan serta
dalam membangun perekonomian. Sesuai dengan amanat pasal 33 UUD 1945 bahwa
pembangunan ekonomi nasional kita dilakukan oleh tiga pelaku ekonomi yaitu
negara, swasta dan koperasi. Sebagai soko guru perekonomian nasional, koperasi
merupakan kekuatan ekonomi rakyat sehingga dapat dijadikan tiang utama
pembangunan ekonomi nasional.
Koperasi mempunyai kelebihan yang bisa menjadikan koperasi sebagai sebuah
bentuk badan usaha yang cukup prospektif di Indonesia. Tetapi karena kurangnya
perhatian dan kurangnya promosi untuk mengenalkan koperasi pada masyarakat,
maka masyarakat hanya mengetahui koperasi adalah lembaga keuangan yang
didirikan berdasarkan asas kekeluargaan saja. Tidak tau apa tujuan, prinsip,
dan kegiatan yang sebenarnya dilakukan oleh koperasi.
Bagaimana
cara mensosialisasikan koperasi ke masyarakat? Sebuah pertanyaan yang harus
dijawab. Namun sosialisasi koperasi itu sendiri sudah jarang terdengar di
telinga kita. Kita jarang sekali mengetahui keberadaan koperasi itu sendiri.
Maka saat ini baik pemerintah maupun tokoh-tokoh masyarakat harus memlakukan
sosialisasi kepada masyarakat awam yang belum mengetahui atau hanya tahu
sedikit mengenai koperasi itu sendiri.
Mensosialisasikan
koperasi kepada masyarakat sangatlah penting, karena banyak masyarakat yang
tidak mengerti arti koperasi, tujuan koperasi, dan manfaat koperasi
sesungguhnya bagi masyarakat. Sosialisasi ini diharapkan dapat mengenalkan
koperasi pada masyakarat sehingga masayarakat benar-benar mengerti tentang
koperasi. Karena kurangnya sosialisasi itu, masyarakat cenderung jarang sekali
membeli barang-barang yang dijual oleh koperasi dan lebih memilih membeli
barabg di alfamart, indomart dan sejenisnya. Dan juga dalam hal simpan-meminjam
uang, masyarakat lebih memilih bank dibandingkan koperasi.
Kurang
berkembangnya koperasi di Indonesia juga dikarenakan kurangnya sosialisasi
koperasi ke masyarakat. Hal ini sangat menghambat perkembangan koperasi dan
salah satu faktor penghambat untuk kemajuan perkoperasian.
Sosialisasi
mengenai koperasi dapat dilakukan ke berbagai lapisan masyarakat, kepada
sekolah dasar, SMP, SMA, Universitas, Perusahaan, maupun lingkungan
bermasyarakat. Sosialisasi pun dimaksimalkan dijalankan secara merata
diberbagai daerah, perkotaan maupun pedesaan harus mendapatkan sosialisasi ini.
Perkenalan
lebih dini tentang apa itu koperasi di kalangan pelajar pun turut dilakukan,
sosialisasi ke sekolah-sekolah dapat dilakukan dengan cara mendatangi ke
sekolah-sekolah secara berkala untuk memberikan informasi mengenai koperasi dan
mengapa pentingnya sebuah unit koperasi diperlukan di dalam suatu sekolah,
setelah sosialisasi dilakukan sangat diharapkan jumlah sekolah yang memiliki
koperasi semakin bertambah. Dengan adanya demikian maka kita turut mengajarkan
untuk murid-murid agar dapat terus meningkatkan kegiatan berkoperasi sejak
sedini mungkin. Dan sosialisasi koperasi juga dapat dilakukan di
universitas-universitas dengan mengadakan seminar-seminar yang bersifat
persuasif, agar mahasiswa-mahasiswi dapat lebih mengetahui tentang koperasi itu
sendiri dan tidak hanya mendengar sosialisasi tersebut. Tapi diharapkan
diwujudkan dalam kenyataannya sehingga dapat memajukan perkoperasian di
Indonesia.
Banyak
di desa-desa yang sudah memulai mensosialisasikan koperasi pada warganya.
Tujuannya adalah untuk memberikan wadah kepada warga terdampak dalam menangkap
peluang usaha sehingga dapat mendorong perekonomian warga. Pemerintah
hanya memfasilitasi keinginan masyarakat dalam mewujudkan keinginan-keinginan
masyarakat yang ingin menjalankan usaha-usahanya. Salah satu cara yang
dilakukan di desa adalah dengan mengumulkan para warganya dibalai desa dan
memberikan pemahaman tentang koperasi yang akan dibangun di desa yang
bersangkutan. Kita juga bisa memanfaatkan media teknologi yang sekarang sudah
maju, mulai dari internet atau media massa masyarkat. Mengiklankan koperasi
lewat media menurut saya sudah cukup . Mengiklankan bagaimana kegiatan
koperasi, visi dan misi yang di anut, tujuan yang akan dicapai, keuntungan apa
yang akan didapat . Dengan pemanfaatan internet bisa juga dijadikan
penguatan jejaring baik internal maupun eksternal lembaga. Bisa dijadikan pula
sebagai media kerjasama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya dan hasilnya
tidak sedikit justru muncul lembaga yang menjadi besar karena jalur
“online”nya. Selain itu, koperasi itu
sendiri pun juga harus mensosialisasikan langsung koperasinya sendiri kepada
masyarakat umum. Tindakan ini sangat ampuh, sehingga hasilnya bisa dirasakan
koperasi itu sendiri, dan dapat meningkatkan perekonomian koperasi.
Koperasi
sebagai salah satu lembaga yang posisinya cukup vital dalam perekonomian bangsa
juga harus bisa “berbaur” dengan dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi,
pemanfaatan fasilitas dunia maya ini juga bisa dijadikan media persuasif kepada
publik. Tidak terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media oleh
koperasi untuk publikasi, contoh kecilnya dengan banyaknya situs jejaring
sosial semacam facebook dan twitter. Situs jejaring sosial demikian seharusnya
bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi-koperasi di Indonesia untuk
lebih menggencarkan aktivitasnya.
Cara
lain yang dapat dijadikan alat untuk sosialisasi adalah pengenalan
prodik-produk hasil produksi koperasi itu sendiri. Dengan pengenal
produk-produk itu bisa diselipkan sosialisasi mengenai apa itu koperasi,
manfaatnya, tujuannya, visi dan misinya. Diharapkan juga melalui sosialisasi
tersebut, masyarakat dapat membeli produk-produk koperasi yang memiliki harga
yang murah tapi juga berkualitas, tidak kalah dengan indomart, alfamart, dan sejenisnya.
Itulah
beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensosialisasikan koperasi kepada
masyarakat. Dengan ini diharapkan masyarakat bisa tertarik berinvestasi dan
bergabung dalam memulai usaha-usaha mereka dengan bekerjasama koperasi. Dan
dapat memajukan koperasi sebagai salah satu sektor perekonomian Indonesia. Saya
sangat mengharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang
karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk
masyarakat kecil dan menengah. Semoga dengan ini dapat membangun koperasi yang
lebih baik lagi.
Setelah
mensosialisasikan tentang koperasi beserta manfaatnya selanjutnya mulai
melakukan menggerakan warga atau masyarakat untuk bergabung dalam koperasi. Hal
ini dimaksudkan untuk lebih memanfaatkan potensi lain dari diri masing-masing
para warga. Apalagi bagi para masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak
bisa full memenuhi modal yang diinginkan.
Hal
ini dapat diatasi dengan cara menggerakan warga untuk menjadi anggota koperasi.
Tentunya banyak sekali keuntungan yang didapat ketika masuk menjadi anggota
koperasi. Masyarakat akan lebih aktif dalam hal berorganisasi, mengembangkan
potensi kewirausahaan, memajukan lembaga usaha dalam negeri dan dapat
mendapatkan pengembangan softskill.
Diharapkan
dari sosialisasi ini adalah semakin dikenalnya koperasi-koperasi yang ada
dengan berbagai jenis di Indonesia dan juga semakin berkembang pesatnya
perkoperasian di Indonesia yang dimana saat ini masih kurang berkembang
dikarenakan hambatan-hambatan yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar